Mengenal Jenis Kertas Yang Digunakan Untuk Kalender Dinding


Setiap orang tentu sudah pernah melihat bentuk dari kalender dinding yang terbuat dari kertas kemudian disatukan dengan menggunakan spiral atau klem. Kalender dinding biasanya memiliki desain yang beraneka raga. Ada yang membuat kalender dinding dengan satu halaman kertas untuk satu bulan. Ada juga yang dibuat dengan memuat beberapa bulan dalam satu halaman. Bahkan ada jga kalender dinding yang dibuat dengan satu kertas tebal yang memuat semua bulan dalam satu halaman saja.

Selain desain yang beraneka ragam, ternyata penggunaan jenis kertas untuk kalender juga variative. Ada Kertas yang digunakan untuk kalender biasanya menggunakan bahan yang berbeda dan tentunya juga untuk kebutuhan dan kualitas yang berbeda.

Nah, sebelum Anda memutuskan untuk membuat sebuah kalender sebaiknya terlebih dahulu memahami jenis kertas yang dibutuhkan untuk kalender yang Anda inginkan. Karena jenis kertas yang Anda pilih nantinya akan berpengaruh pada tampilan kalender yang dihasilkan. Berikut adalah jenis kertas yang dapat digunakan untuk mencetak kalender dinding.

1. HVS

Anda mungkin sudah sering melihat kertas HVS dan sangat umum digunakan untuk berbagai kebutuhan. Bahkan juga sering digunakan untuk kebutuhan printer dirumah. Karakter dari kertas HVS adalah memiliki warna yang putih dan permuaan yang tidak terlalu halus. Kertas HVS juga lebih mudah digunakan untuk menulis karena tintanya dapat menyerap dengan baik.

Kekurangan dari kalender yang diproduksi dengan kertas HVS adalah kualitas yang kurang karena bahan kertas cenderung tipis dan mudah rusak. Namun kertas HVS dapat menjadi pilihan yang tepat jika Anda sedang meminimalisir biaya produksi kalender.

Untuk memproduksi kalender dinding dengan menggunakan kertas HVS dibutuhkan gramasi yang umum digunakan yaitu 100gsm. 

2Art Paper dan Art Carton

Art paper memiliki karakteristik kertas yang lebih tebal dan juga memiliki warna permukaan yang mengkilap. Kertas art dapat menjadi pilihan untuk anda yang ingin membuat kalender dinding yang mencolok. Karena permukaan kertas yang mengkilap akan membuat tampilan kalender jauh lebih menarik untuk dilihat.

Berbeda dengan art paper, kertas art carton ketebalan dan ukuran yang lebih besar. Sedangkan untuk karakter dari kertas hampir mirip. Menggunakan kertas art untuk kalender adalah pilihan yang tepat untuk mendapatkan kalender dengan daya tahan yang cukup lama.

Art paper memiliki nilai gramasi kertas untuk kalender dinding yaitu 120gsm dan 150gsm. Sedangkan untuk art carton mempunyai nilai gramasi sebesar 210gsm, 260 gsm, dan 310gsm. 

3. Matt Paper

Matt paper adalah kertas kalender yang lazim untuk digunakan, karakternya hapir mirip dengan kertas art. Namun kertas matt tidak memiliki permukaan yang mengkilap seperti art paper. Permukaannya jauh lebih tenang dan cocok untuk anda yang ingin memproduksi kalender dengan kesan yang klasik. Karena kertas menghasilkan tinta yang tidak begitu mencolok dan mudah diserap oleh kertas.

Biasanya untuk membuat sebuah kalender menggunakan kertas 120gsm dan 150 gsm. Perusahaan percetakan yang professional yang berkualitas tentunya memiliki varian kertas kalender dinding yang lebih banyak. Salah satunya seperti usaha percetakan dari perusahaan Percetakanku yang sudah dipercayai oleh konsumen dari seluruh indonesia.

Perusahaan ini berdiri di Jakarta, namun juga menyediakan pengiriman untu kepulau lain. Terlebih kualitas kalender yang dihasilkan juga bukan main-main. Anda dapat menjadikan usaha MauCetak.com sebagai alternative pilihan untuk mencetak kalender. Selain melayani percetakan kalender, juga terdapat layanan percetakan lain. 

Comments

Popular posts from this blog

Cetak Notebook dengan Banyaknya Manfaat dari Kebiasaan Menulis

Percetakan Murah di Jakarta

Manfaat Menggunakan Jasa Percetakan Jakarta yang Berkualitas