Daerah propinsi Jawa Barat memiliki beragam keunikan budaya dan anekaragam makanan tradisional. Seperti yang dapat kamu temui ketika jalan-jalan ke kota Sukabumi. Banyak makanan khas yang bisa dijadikan oleh oleh Sukabumi seperti kue mochi, kue jahe, bandros, roti priangan dan masih banyak yang lainnya.

Makanan Khas Sukabumi yang Bisa Dijadikan Oleh Oleh

Sukabumi merupakan salah satu kota yang terletak di propinsi Jawa Barat. Daerah yang terkenal dataran tingginya ini memiliki sejumlah makanan khas yang cocok untuk dijadikan oleh oleh. Makanan-makanan tersebut bisa kamu temukan dengan mudah ketika kamu pergi ke Sukabumi. Untuk mengetahui apa saja oleh oleh Sukabumi, mari simak pembahasannya sebagai berikut ini.

A.      Roti Priangan

Di kota Sukabumi ada salah satu makanan khas yang legendaris, yakni roti priangan. Roti priangan memiliki beberapa jenis, misalnya ada roti tawar dan roti isi. Isian roti priangan tersedia beberapa varian mulai dari gula susu, keju, nanas, kismis, coklat, pisang coklat dan tanduk. Roti ini biasanya dijual menggunakan gerobak oleh para penjualnya. Roti ini sudah ada sejak lama dan hingga kini dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

B.      Surabi Sukabumi

Surabi Sukabumi merupakan makanan khas sejenis kue yang disajikan dengan berbagai jenis toping. Berbeda dengan Serabi yang disajikan dengan kuah santannya, Surabi Sukabumi ini disajikan tanpa kuah. Surabi Sukabumi biasanya menggunakan bahan utama seperti buah durian atau bahan lain berupa oncom. Topping yang bisa kamu pilih ketika membeli surabi Sukabumi ini mulai dari keju, mayonase, meses, dan lain sebagainya.

C.      Bandros

Bandros merupakan jajanan khas di daerah Sukabumi dan sekitarnya berjenis kue. Kue bandros memiliki bentuk seperti kue yang berjejer karena cara membuatnya dicetak di loyang khusus. Tekstur dari bandros sendiri terasa gurih dan lembut ketika dimakan. Perpaduan bahan bahan yang pas menjadikan kue bandros banyak diburu masyarakat yang berkunjung ke kota Sukabumi.

D.     Kue Jahe

Di kota Sukabumi, kamu bisa menemukan makanan khas yang cocok untuk dijadikan oleh oleh. Makanan khas tersebut adalah kue jahe. Seperti namanya, kue jahe dibuat dari bahan utama jahe. Ketika dimakan, kamu tidak hanya merasakan sensasi pedas dari jahe, tetapi ada rasa manis-manisnya karena pembuatannya juga diberi gula. Keunikan kue jahe ini dibuat dengan bentuk unik, misalnya berbentuk lonjong, gingerman, dan bulat.

E.      Mochi Sukabumi

Makanan khas yang bisa dijadikan oleh oleh Sukabumi selanjutnya adalah mochi Sukabumi. Kue mochi asal Sukabumi ini menyediakan beragam warna dan varian rasa unik. Mulai dari rasa kacang tanah, coklat, keju, strawberry, pandan, wijen dan lainnya. mochi Sukabumi ini dapat kamu beli di toko oleh oleh makanan khas yang ada di Sukabumi dan sekitarnya.

Salah satunya ada di Bakery & Cakes Boluamor yang gerai utamanya berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman No.36 kota Sukabumi. Selain kue mochi khas Sukabumi, Boluamor juga menyediakan jenis makanan lainnya seperti donat, bolu, roti babka, dan masih banyak lainnya. Jika kamu ingin melihat promo menarik dari Boluamor, kamu bisa mengakses instagramnya di @boluamor atau websitenya di www.boluamor.co.id.

Itulah pembahasan mengenai oleh oleh Sukabumi yang paling diminati masyarakat. Keunikan rasa dari makanan khas asal kota Sukabumi tersebut memang sudah tidak diragukan lagi bagi wisatawan. Sehingga ketika para wisatawan pergi ke Sukabumi, tak lengkap rasanya jika tak membeli makanan khas Sukabumi sebagai buah tangan.