Suatu bangunan memerlukan perlindungan ekstra yang biasanya diwujudkan dengan pemasangan sebuah tenda atau canopy. Adapun perlindungan esktra ini membuat bangunan tersebut lebih sehat dan tidak mudah mengalami kerusakan yang disebabkan oleh perubahan cuaca ekstrim, semisalnya hujan yang dapat membuat sisi – sisi dinding bisa memiliki lumut atau jamur, membuat cat memudar, hingga angin yang merusak jendela. Selain dari melindungi suatu bangunan, pemasangan sebuah tenda atau canopy juga dapat melindungi manusia atau makhluk hidup sekitar. Tak lupa juga, pemasangan tenda atau canopy ini dapat membuat suatu bangunan menjadi tampak lebih indah dan sejuk di mata.

Salah satu jenis tenda atau canopy yang memiliki tujuan dari beberapa pernyataan di atas adalah canopy kain. Canopy kain adalah suatu tenda yang material atapnya terbuat dari kain. Canopy kain sering dipilih untuk menjadi sebuah tenda ekstra pada suatu bangunan karena sifatnya yang fleksibel, murah, dan mudah didapatkan. Meskipun terbuat dari kain, canopy ini tak mudah rusak dan memiliki keawetan yang tak kalah dengan jenis tenda atau canopy lainnya.

Hal ini tentu saja dapat ditinjau dari pemilihan material yang digunakan dalam pemasangan canopy kain. Kain yang dipilih bukanlah kain sembarangan, tetapi kain berkualitas tinggi dan dikenal daya tahannya sebagai bahan pelindung. Selain itu, terdapat beberapa material pendukung yang kerap digunakan dalam pemasangan canopy kain. Adapun material – material yang turut digunakan adalah:

1.  Kain
Seperti yang telah disebutkan di atas, canopy kain memiliki material utama di mana atapnya terbuat dari kain. Hal tersebut tentunya menjadikan kain sebagai material pokok dalam pemasangan sebuah canopy kain. Kain yang dipilih juga bukanlah sembarang kain, melainkan kain yang telah teruji memiliki kualitas sebagai bahan pelindung.

Kain yang biasa digunakan dalam canopy kain adalah kain berserat tinggi seperti kain kanvas. Selain itu, kain yang dipilih juga harus memiliki ketahanan tinggi terhadap air, sinar ultraviolet, warnanya anti pudar, tidak mudah mengalami kerusakan, dan tidak mudah mengkerut. Kain – kain yang kerap dipilih menjadi atap dalam canopy kain terdiri atas beberapa merk, adapun merk – merk kain canopy terkenal adalah Sunbrella, Tempotest Para, dan Dickson.

Pemilihan kain dapat anda sesuaikan pula dengan warna yang anda inginkan atau cocok dengan bangunan anda, jangan lupa untuk memperhatikan kualitas kain dengan seksama sebab kain yang tidak teruji ketahanannya akan membuat canopy tidak maksimal dalam melaksanakan tugasnya sebagai pelindung.

2.  Besi atau Aluminium
Material kedua yang dibutuhkan dalam pemasangan canopy kain adalah besi atau aluminium. Material ini digunakan pada kerangka dari canopy kain yang akan dipasangkan tersebut. Selain itu, material ini turut digunakan sebagai tiang penyangga pada salah satu jenis model canopy kain yang membutuhkannya seperti model canopy kain gable dimana membutuhkan tiang pada bagian depannya.

Lakukan pemilihan besi atau aluminium dengan kualitas yang terbaik, sebab besi atau aliminium merupakan kerangka atau bahkan tiang penyangga yang menyokong terbentuknya atap dari sebuah canopy kain. Sebab, apabila tidak dipilih dan dipasang dengan baik akan menyebabkan kerobohan yang tentunya akan merugikan bagi sang pemasang atau bahkan mencelakakan orang lain.

Beberapa material di atas adalah material yang umumnya digunakan pada pemasangan sebuah canopy kain. Dalam pemilihan material, lakukanlah dengan teliti dan seksama sebab semuanya akan mempengaruhi kinerja dari canopy kain yang dimiliki. Hal ini berlaku pula dengan pemasangan yang akan dilakukan harus maksimal.

Oleh karena itu, jika Anda membutuhkan Canopy kain berkualitas dan terpercaya maka Anda bisa menggunakan jasa canopykain.co.id. Silakan hubungi kontak kami di nomor 0858-6333-3874 / 0813-1719-5454.