Canopy kain sangat populer dalam penggunaannya sebagai tenda pelindung suatu wilayah outdoor pada bangunan atau rumah pribadi . Hal ini disebabkan oleh beragamnya keunggulan yang dimiliki oleh jenis tenda ini yaitu harganya murah, mudah didapatkan, dan desainnya yang lucu dan kerap digunakan pada desain eksterior sebuah rumah atau toko – toko yang berada di pasaran. Selain itu, canopy kain juga dikenal dengan fleksibilitasnya yang dapat diubah – ubah tanpa memerlukan waktu yang lama.

Canopy kain yang memiliki material berupa kain pilihan yang memiliki ketahanan tinggi dan dapat digunakan sebagai tenda. Umumnya, kainkanvas sering dipilih sebagai material pada tenda ini. Melihat materialnya yang berupa kain kanvas, tentu saja perawatan yang dimiliki oleh canopy kain tidak terlalu repot dibandingkan dengan bahan lainnya. Hal ini disebabkan oleh kemudahan kain kanvas untuk dibersihkan dan dibongkar tanpa perlu waktu yang lama.

Berikut ini adalah tips – tips dalam melakukan perawatan terhadap canopy kain secara efektif dan efisien yang bisa anda lakukan secara mandiri:

1.  Melakukan Pemeriksaan
Langkah pertama dalam melakukan perawatan terhadap tenda canopy kain milik anda adalah dengan melakukan pemeriksaan secara teliti. Tenda canopy kain yang kerap menjadi pelindung suatu wilayah haruslah diperiksa secara berkala keadaannya. Hal ini meliputi keadaan dan kebersihan yang dimiliki oleh canopy kain itu sendiri.

Lakukan pemeriksaan pada setiap detail tenda canopy kain. Hal ini dilakukan sebab apabila terjadi kerusakan pada suatu bagian, misalnya kain dari canopy mengalami kerobekan di sudut tertentu meskipun dengan ukuran yang tidak terlalu besar, maka anda bisa langsung melakukan pergantian terhadap kain canopy tersebut. Sebab, apabila kerusakan tersebut dibiarkan meskipun dengan ukuran yang kecil dapat mengganggu fungsi operasional dari tenda canopy kain tersebut, yaitu bisa terjadinya kebocoran kecil.

2.  Melakukan Pembersihan Secara Maksimal
Setelah melakukan pemeriksaan dan mengetahui keadaan suatu tenda, maka apabila canopy kain ditemukan dalam keadaan kotor lanjutkan dengan langkah kedua yaitu melakukan pembersihan. Hal ini sangat umum dilakukan pada berbagai jenis tenda sebab tenda yang berfungsi sebagai pelindung suatu bangunan dari elemen – elemen pengganggu yaitu air hujan, sinar matahari, angin yang berlebihan kerap mendapatkan lumut, jamur, debu, dan kotoran – kotoran lainnya yang menempel akibat tiupan angin. Selain itu, pembersihan juga memiliki tujuan agar kain yang tampak kotor tampak indah kembali.

Pembersihan pada canopy kain pada umumnya dilakukan dengan cara yang sama dengan pembersihan pada tenda jenis lainnya, yaitu menggunakan sikat, air sabun (detergen), dan air biasa. Dimana, langkah pertama adalah menyikat tenda dengan air sabun pada bagian yang kotor tersebut. Setelah itu, disusul dengan membilas tenda secara bersih sehingga tidak ada sisa detergen atau kotoran yang menempel.

3.  Mengganti Bahan Yang Rusak
Apabila pada saat melakukan pemeriksaan ditemukan suatu bagian dari canopy kain yang mengalami kerusakan, maka sangat disarankan untuk anda segera menggantikannya. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan terutama apabila bagian yang rusak adalah bagian penyangga yang bisa menyebabkan tenda canopy kain mengalami kerobohan. Tentu saja jika dibiarkan terlalu lama akan menyebabkan hal – hal yang tidak diinginkan.

Ketiga langkah tersebut adalah tips merawat canopy kain dengan efektif dan efisien. Umumnya, langkah tersebut dapat dilakukan pada berbagai jenis tenda, tetapi pada canopy kain mungkin akan lebih mudah dilakukan mengingat material yang dimiliki bersifat lebih fleksibel. Lakukan pemeriksaan secara berkala dan teliti agar dapat memberikan ketahanan yang lebih lama terhadap canopy kain milik anda.

Oleh karena itu, jika Anda membutuhkan Canopy kain berkualitas dan terpercaya maka Anda bisa menggunakan jasa canopykain.co.id. Silakan hubungi kontak kami di nomor 0858-6333-3874 / 0813-1719-5454.